Linux Tak Kebal Virus…!!!

Siapa bilang OS LINUX tak kebal virus? Sudah ada 2 trojan, 22 virus dan 11 virus wormyang menyerangnya
Sistem operasi LINUX/BSD dulu hanya dikenal sebagai OS server. Ini berkat kehandalannya low source. Dalam perkembangannya, LINUX mulai menjadi favorit dikalangan end user karena makin banyak aplikasi yang mendukung end user untuk kebutuhan sehri-hari, seperti wordprocessor, spreadsheet, image editing, browsing, mail, dan sebagainya. Graphical user interface-nya (GUI) makin cantik. Namun yang menarik adalah royalty free, tentunya dengan syarat penggunaan (GNU, GPL,dan lainnya).
Ada anggapan yang keliru tentang OS LINUX, yakni OS ini selalu bebas virus. Salah..!! online Wikipedia mencatat sudah ada 2 trojan, 11 worm menyerang OS LINUX. Dibandingkan dengan LINUX memang jumlahnya sangat sedikit. Namun ancaman itu tetap ada. Bahkan serangan lintas platform, yaitu yang dapat bekerja di LINUX maupun wLINUX sudah terjadi.
Dalam kegunaannya sebagai server, ancaman nyata terhadap LINUX adalah masuknya hacker. Sedangkan untuk office server, yang terhubung ke internet, adalh sebaran virus wLINUX. LINUX sebsagai system operasi yang tidak terkena ancamaan secara langsung. Namun data yang ditampungnya dapat terinfeksi.
Jadi, pemakai LINUX harus tetap waspada. Gejala virus dalam virus memang tidak terdeteksi secara langsung, tetapi dialami oleh pengakses server tersebut.
Amakan dua tipe server
Ada dua jenis server yang perlu perhatian dan pengamanan terhadap ancaman virus.
1. Mail server
LINUX sebagai mail server sangat popular dan diakui kehandalannya. Sebagai server, LINUX aman terhadap infeksi virus dan ancaman lain. Namun setiap lalu lintas email diserver tersebut tidak dijamin bersih dari ancaman. Ini tentunya membahayakan penerima email dari server LINUX.
Bayangkan jika tanpa anda sadari, setiap email yang anda kirim ke customer, rekanan bisnis, atau supplier di luar kantor selalu disusupi virus. Bukan hanya reputasi kantor saja yang jelek karena menjadi pembawa virus, tetapi juga sangat berbahaya jika kebetulan server atau workstation tidak dilengkapi dengan antivirus yang andal. Kebobolan sering terjadi.
Untuk membuat setiap kali email yang kita kirim atau diterima oleh pemilik mailbox bersih dari ancaman, dibutuhkan sebuah proteksi. Pemilihan antivirus yang tepat untuk keperluan ini adalah antivirus yang dapat bekerja untuk mail server LINUX/BSD. Dengan pemakaian antivirus pada mail server, selain bebas dari cap sebagai penyebar virus, juga mengurangi ancaman penyebaran virus melalui email yang diterima masing-masing workstation anda.
2. File server
Sama seperti fungsi LINUX sebagai server lainnya, apakah seluruh data yang disimpan dalam samba server aman?
Server LINUX tidak mengetahui apakah file-file yang tersimpan di dalamnya aman atau tidak dari virus jika tidak ada antivirus yang melakukan pengecekan terhadap seluruh file yang ada. Sebagai tempat penyimpanan data, system operasi LINUX tidak akan meng-execute file tersebut. Namun setiap workstation yang terhubung ke LINUX tersebutlah yang meng-execute-nya.
Saat transaksi itu terjadi, sebaiknya LINUX juga memeriksa keamanan dari setiap file. Disinilah antivirus untuk LINUX berperan: melakukan scanning dan membersihkan setiap file yang masuknya ke dalamnya, menjamin file tersebut bersih dari ancaman, sehingga aman dikomsumsi oleh workstation dalam jaringanya. Bila ini diabaikan, sang penerima file yang akan dirugikan. Ia akan menerima file yang mengandung virus, yang akan menyebar di workstation yang mengakses. Saat file-file ini diambil dan ditransfer melalui USB atau email, penyebaran virus pun tidak terelakkan.
Tiga syarat penting
Antivirus haruslah dilihat sebagai dari bagian dari solusi, dan bukanlah masalah baru dalam operasional computer sehari-hari. Untuk memenuhi criteria antivirus sebagai solusi, ada beberapa hal penting yang harus kita pertimbangkan, yaitu:
1. Pemakaian memori dan CPU power yang kecil. Hindari antivirus dengan spesifikasi teknis untuk memori diatas 50 MB karena akan membuat kerja computer menjadi lambat.
2. Antivirus harus dapat mendeteksi ancaman baru. Antivirus yang hanya mengandalkan signature library tidak dapat mengejar teknologi untuk menangkal banyaknya ancaman baru yang muncul beserta varian-variannya. Threat sense technology dengan advanced heuristic dapat menjadi pilihan Karena kerjanya yang proaktif mendeteksi ancaman baru, termasuk virus local.
3. System proteksi secara realtime mengamankan LINUX setiap saat tanpa jeda waktu Karena system antivirus selalu bekerja mengawasi secara background process.
Melihat dari sisi fungsi LINUX, proteksi di mana yang tepat untuk OS LINUX?
1. File server
2. Mail server
3. Gateway
4. Workstation {bila sudah digunakan untuk keperluan sehari-hari}
Coba dulu
Sebelum memberi antivirus untuk kepentingan pribadi {home edition} maupun kepetingan di kantor {bussines edition}, anda disarankan untuk melakukan percobaan {trial} dulu. Pastikan anda mendapat trial full version. Keuntungannya, apalagi untuk bussines edition, anda dapat langsung mempelajari kelebihan antivirus tersebut secara mendalam, termasuk manajemen antivirus melalui remote administrator/console.
Kepalang tanggung, mintakan pula antivirus yang memiliki fungsi firewall dan antispam sehingga memiliki proteksi lebih. Untuk tingkat keamanan yang tinggi, anda bisa membuat simulasi rules pada firewall agar dapat memproteksi sesuai keinginan pada level network protocol dan port maupun level aplikasi sehingga aliran data dari atau ke workstation tersebut dapat anda atur sedemikian rupa. Anda juga dapat mengetahui kapan terjadi broadcast data yang tidak dikehendaki {port , scan, virus broadcast}.
Vendor antivirus biasanya memberikan trial satu bulan. Namun, untuk kepeluan khusus anda bisa meminta trial lebih lama, berikut mendapat remote administrator agar dapat memahami betul kemudahan penggunaannya di perusahaan. Bicara teknologi adalah bicara implementasi real time, jadi pastikan anda memafaatkan masa trial untuk mempelajari antivirus yang akan anda beli.
Hal yang juga dipertimbangkan adalah data dari pihak ketiga, khususnya lembaga pengujian antivirus kelas dunia. AV-Comparatives, lab independen yang bermarkas di Austria, dan virus bulletin di inggris adalah dua lembaga yang menjadi acuan kinerja antivirus. Pastikan anda mendapatkan informasi hasil terkini dari tes yang diadakan oleh kedua lembaga tersebut saat anda mengundang vendor antivirus untuk presentasi dan demo. Data yang valid untuk saat ini adalah data akhir tahun 2008 atau awal 2009.
Buatlah keputusan membeli antivirus hanya setelah anda mempelajari data, melakukan trial, dan yakin dengan teknologi proteksinya. Mudah-mudahan dengan antivirus yang tepat, hidup anda menjadi lebih nyaman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s